Saturday, December 16, 2017

Ketika Keberhasilan Adalah Pencapaian

Berhasil adalah kemenangan, kalo belum berhasil ya berarti kemenangan yang tertunda.


Banyak hal yang di harapkan setiap manusia tak terkecuali hal-hal kecil dan sederhana tentunya.
Bicara tentang suatu harapan, teringat aku tentang teman kecilku bernama Ratnah yang sekarang telah menemukan pencapaiannya untuk salah satu harapan dalam hidupnya. Yah, pergi ke tanah suci  yaitu tepatnya pergi ke Mekkah dan Madinah adalah salah satu impian terbesar dalam hidupnya (walau untuk kebanyakan orang pasti ada terselip suatu impian yang sama sepertinya).

Tak pernah satu hari pun dia tak membicarakan  betapa bahagianya dia nanti jika bisa sampai ke sana.
Waktu berlalu, sapaan salam bertambahnya usia membuat harapannya pudar.
Sempat ia terucap kepadaku :

“Ju, kok impianku ingin ke tanah suci sedikit memudar ya? Tambah dewasa jadi tambah ga kepikiran lagi karena hal-hal yang lain” keluhnya yang entah kenapa sangat tiba-tiba buatku.
“Sabar aja Rat, kan itu impian kamu dari dulu. Mungkin nanti ada jalannya, tapi nanti belum sekarang” Jawabku yang entah kenapa tuh ucapan bisa keluar dengan sendirinya.
“Yah, mungkin aja ya ju. Bismillah mungkin ada jalan yang lain untuk ke sananya”. sahutnya dengan nada yang kembali bersemangat.
 
Setelah lama tak bertukar kabar karena dia yang memang menempuh pendidikan di luar kota, sekalinya chat kasih kabar tuh anak sudah mau ke tanah suci aja. Dan benar aja jalan yang di dapatnya adalah jalan yang dia tak duga, dia menjadi seorang tenaga kesehatan untuk para jamaah umroh dan haji di sana.

Pencapaian yang dia dapat sebenarnya tidak lah mudah, kenapa? Karena banyak hal yang di lakukannya di balik itu semua.

Tak pernah berhenti berharap

Mungkin ini memang awal dari sebuah keberhasilan ya, selalu ingat dan berharap untuk semua yang ingin di capainya.

Sesuatu yang bisa membuat kita lebih bersemangat untuk melakukan semuanya demi menjadikan harapan menjadi suatu yang nyata untuk kita.

Selalu berdoa

Usaha tanpa doa itu sama halnya kita sombong, selalu berdoa tanpa usaha namanya bohong. Pernyataan yang sangat pas agar kita selalu ingat untuk melakukan yang terbaik.

Doa serta restu dari kedua orang tua juga merupakan hal yang dapat menjadi peranan penting dalam mencapai hal tersebut.

Berhasil dan menang

Tak ada hal yang tak berhasil, jikapun belum berhasil pasti nya nanti akan berhasil karena itu adalah hal yang tertunda. Anggap saja itu ujian untuk kita menjadi pribadi yang lebih baik menacapai sesuatu yang lebih besar dari yang kita rencanakan sejak awal.

Berhasil adalah pencapaiannya, menang adalah tahapan selanjutnya kita untuk mencari sesuatu yang baru agar kita tetap bisa melangkah maju dan bisa bersyukur agar kita tidak terlena dan menjadi pribadi yang sombong.
Yah, semoga saja tidak ya.
 Baca Juga : Cara Menunjukan Kasih Kepada Orang Tua

***
Melihat dari penalaman yang di dapat si Ratnah, membuat aku harus bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sekarang karena suatu pecapaian bukanlah hal yang bisa di dapat dengan mudah dan cepat.

Dan satu hal yang selalu menjadi pesan orang tua ku “capailah semua yang ingin kau capai. Jika gagal jangan menyerah, jika berhasil jangan sombong. Satu yang harus selalu kau ingat darimana kau berasal”

sumber pictures :
https://pixabay.com/en/tie-necktie-adjust-adjusting-man-690084/

36 comments

Wah temennya pasti seneng ya, salah satu impiannya bisa terwujud. Kalau saya juga banyak impian yang ingin diraih. Walau saat ini belum kesampaian. Tetapi saya selalu meninggalkan harapan di dalam hati. Jika suatu hari nanti pasti bisa terwujud 😃

Kalau begitu saya harus semangat untuk mencapa impian saya dapetin haruka huh huh..
ganbate

banyak impian yang kadang kandas karena kurang usaha, perlu perjuangan yang tak sedikit

jangan lupa untuk bersedekah dan berbuat baik mas
insha allah ada balasannya kok

Masya Allah, senangnya mbak Ratnah pastinya...semoga apa yang kita impikan tercapai ya, amiin

iya mbak, alhamdulillah dia nya seneng banget pas tiba-tiba dapat informasi nya.
Semoga impian mbak juga bisa terwujud hihi

impian yang kandas juga biasanya karena kitanya sudah mulai menyerah dan melupakan impian tersebut mas.
Semangat untuk impian kita semua hihi

iya mas, bismillah semoga impian semuanya bisa terwujud jadi nyata mas. =D

Senangnya si ratnah ga ketolongan pas dapat informasi nya. hihi
Aamiin mbak muyas, semoga tercapai impian kitanya.

Bertambah usia, pastinya bertambah pula apa yang ingin dicapainya. Itulah yang menyebabkan hilangnya kefocusan. Godaan itu pastilah banyak, pengen ketanah suci, eh lihat hape baru, pengen. lihat motor keluaran baru pengen, akhirnya ya itu tidak jadi berangkat ke tanah suci.

Iya mas bumi, semakin tua semakin pula banyak godaan kepengen yang lainnya. Jadi mikir lagi mana yang terpenting.
Sama kek kita ngejomblo, niat pengen punya pacar semakin kuat karena godaan ngelihat banyak orang yang pacaran hihi

Ada banyak sekali impian yang sudah terlukis, namun belum juga tercapai :(

Tapi setelah membaca artikel ini, saya jadi tambah semangat lagi untuk mengejar impian-impian itu.. :)

suka dengan kata-kata ini bang

"Usaha tanpa doa itu sama halnya kita sombong, selalu berdoa tanpa usaha namanya bohong"

itu bisa jadi inspirasi perjuangan hidup kita walau kata-katanya sederhana. kadang yang sederhana itu membuat bahagia, saha halnya cita-cita ratnah yang mungkin sebagian orang malah menganggap hal susah, tapi itulah kekuatan pengharapan sama dengan doa, sehingga Allah suka dengan harapan untuk mencapai RidhoNYA. semoga kita juga bisa memenuhi panggilan Ilahi ke tanah suci, amin Allahumma amin

This comment has been removed by the author.

Punya impian itu memang jadi punya tujuan dan semangat. Kalau ga punya mimpi jadi malas kerja dan berdoa. Selamat buat mbak ratnah :)

semua perlu proses kerja keras dan tentu saja doa agar mampu menggapai impian ya mas

bermimpi adalah hal yang wajar , tentu saja harus ditopan dengan kejar keras , tawakkal dan berdoa

ah komen saya nggak dibales

kasian kan sayah

Semangat harus, soalnya impian bisa jadi penyemangat beraktifitas loh. Hehe

Aamiin, semoga aja mbah dinan. Impian setiap orang ga ada yang jelek pasti bagus semua walau itu pasti susah dan banyak rintangannya. (y)

Punya mimpi tapi malas kerja dan doa sama aja bohong loh mbak. Hehe

Pastinya dong mas, semua saling berkaitan antara kerja keras dan doa untuk menggapai impian.

Nih sudah di balas. hihi

Semoga Impian mas dan mbak ratna sama2 segera terwujud. Aamin YRA

mau berhasil, sukses, mencapai target itu butuh kesabaran..
gak berhasil coba lagi, jatoh bangun lagi, dan jangan nyerah..

impian itu semacam motivasi diri, kalau di barengi sm niat yg kuat utk ngwujudinnya bisa kok terwujud..
jd ingat pas sma, ikut ke mesin atM bareng kakak yg waktu itu sdh kerja, diam2 dlam hati punya keinginan suatu saat bs gesek2 atm sendiri macam dia, alhmdulillah dikabulin juga,gosok smpe bosen..hihi

aku juga punya banyak impian yng belum tercapai... melihat orng-orng yang berhasil meraih mimpinya gini, jadi nambah semangat lagi deh...

Intinya kita harus banyak bersabar untuk memperoleh suatu keberhasilan dan belajar dari kegagalan2 sebelum nya ya Mas. jangan berhenti dan putus asa serta selalu rajin berdoa dan berusaha untuk mencapai keberhasilan. Karen jika keberhasilan yg kita idam2kan itu tercapai disitulah letak pencapaian yg sangat susah kita lupakan

Aamiin, makasih loh doanya. hehe
Semoga impiannya mbak nisa juga terwujud.

Bener banget mbak darma, yang pasti semangat 86. hihi

Di gosok boleh, jangan aja di ambil sama mesin ATM nya.
Kalo aku sih pengennya pas gesek di mesin ATM nya keluar apa yang di inginin, kek kita mau mie kan keluar deh mie indomi. hihi

Harus tambah semangat mbak retno, mereka bisa kenapa kitanya ga bisa juga? kan gitu ya. hehe

Iya mas, dan pas kitanya sudah dapat pencapaian itu kitanya harus bisa mensyukuri dan melihat kembali bagaimana susahnya mendapatkannya sembari mencari impian yang baru untuk di gapai lagi. hehe

Agaknya dimulai dengan pencapaian yang kecil-kecil dulu agar menumbuhkan motivasi lalu untuk selanjutnya baru masuk ke yang agak lebih besar. Terkadang perlu pemantik dulu sebelum akhirnya benar-benar terbakar, untuk meraih sesuatu tentunya. :)

Bisa juga mas, dengan yg kecil dulu lama-lama baru yang besar. Karena semua pasti bertahap ya, bayi baru lahir aja ga bisa langsung lari karena pasti ada tahapannya untuk dia bisa lari.


EmoticonEmoticon