Saturday, November 18, 2017

Manfaat Tulus Dalam Memberi

Sumber pexel.com


Sering kita ketahui bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah, kata kata yang sangat tidak asing dan sangat familiar di telinga kita bukan?
Kata kata yang selalu ku dengar dari orang tua ku, karena dengan memberi banyak sekali manfaat untuk kita sendiri.

Memberi merupakan bagian dari hidup kita, karena tidak mungkin ada orang yang tidak pernah memberi dalam hidupnya. Yah, kecuali orang yang terlampau kikir yang tak mau sama sekali memberikan sesuatu pada orang lain.

Padahal nih, sesuatu yang kita bisa kasih itu tidak selalu dalam bentuk uang. Bisa tenaga atau jasa, ilmu kita, perhatian kepada sesama, dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk memberi sesuatu kepada orang lain sesuai situasi dan kondisi nya ya.
Karena banyak orang banyak mikir dan pas lihat orang yang minta minta selalu terlintas dalam pikiran nya, ah apa sih itu orang masih sehat kok minta minta. Ga bisa di hindari pasti pernah saja kita berpikir seperti itu.

Ketahuilah bahwa kita akan memetik apa yang telah kita tanam, karena jika kita menanam kebaikan maka suatu saat kebaikan itu akan terbalaskan kepada kita. Begitupun sebaliknya, jika kita menanam keburukan maka suatu saat keburukan tersebut akan menghampiri kita.
Tanpa sadar dengan memberi kita pun memiliki banyak manfaat, yaitu :
Baca Juga : Cara Menunjukan Kasih Kepada Orang Tua

Merasa Bahagia

Memberi dengan tulus membuat hati menjadi senang dan bahagia. Dengan memberi entah kenapa membuat rasa hati kita menjadi bahagia, bahkan yang lebih bahagia adalah orang yang kita beri tersebut.

Bayangkan saja, sewaktu kita memberi nasi bungkus kepada seorang (maaf) pemulung berusia tua yang sedang kelaparan. Entah kenapa hati kita berasa bahagia ketika melihat dia menerima makanan yang kita berikan pada nya, begitupun sebaliknya dia merasa sangat terbantu dengan adanya kita.

Terhindar Dari Sifat Buruk

Pada saat kita memberi dengan rasa tulus ingin memberi sejujurnya kita telah menjauhi sifat sifat buruk yang ada pada diri kita seperti, kikir, bakhil, dan rakus atau serakah.

Yang paling utama sih jangan sampai kita menjadi rakus atau serakah, bisa bisa nanti liat uang banyak dikit jadi gelap mata dan terjadi KKN (Kuliah Kerja Nyata). Lah bukan ngapain KKN itu, itu KKN untuk mahasiswa melatih bermasyarakat sedangkan yang benar itu KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme).

Menambah Rezeki

Sesuai apa yang telah kita ketahui bahwa sesungguh nya di dalam ajaran agama islam sendiri, dengan memberi sedekah berupa harta tidaklah akan memutuskan rezeki kita bahkan akan memberi tambahan pada rezeki kita.

Disini tidaklah berfokus kepada hanya harta saja, jika kita memberi dengan tenaga atau jasa maka suatu hari nanti orang yang kita tolong tersebut akan membalas dengan cara membatu kita kembali ketika kita memiliki kesusahan. Jikapun tidak dari orang tersebut maka orang lainlah yang akan membalas kebaikan kita tersebut.

Bersyukur Kepada Tuhan

Rasa nikmat dan syukur yang terjadi kepada kita setelah selesai memberi secara tulus adalah bukti bahwa kita telah bersyukur kepada tuhan.
Dengan memberi sesuatu yang telah di titipkan nya kepada kita membuat kita telah berpikir bahwa harta yang kita miliki tidak lah milik kita seutuhnya karena ada hak milik dari orang yang membutuhkan.

Beberapa manfaat di atas merupakan sebagian kecil dari manfaat yang akan kita terima jika kita selalu memberi dengan tulus, semoga manfaat tersebut dapat selalu kita ingat dan menjadi panduan kita untuk tidak ragu dan menjadi kikir dalam memberi kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

20 comments

Belajar tulus bisa salah satunya dengan tidak perhitungan ketika memberi bantuan..hehehe

Tulus, sesuatu yang bisa buatmu bahagia. memberi tanpa harus menerima...

Bener banget nih tulisannya. Yang jelas memberi ga pernah membuat kita miskin atau pun kurang harta

Berbagi kesesama itu indah, akan membuat bahagia

Mau komentar apa, lha betul semua tulisan diatas, masa mau protes? hihi

yg bahaya kalau tulusnya jadi2an demi pujian semata , gak cool kan ya? :D

manfaat yg sy bnr2 rasain dr berbagi itu menambah rejeky..

Kalo di perhitungan sih namanya mau minta imbalan juga biasa nya mbak. Hehe

Yap bener banget mas adi, kalo kita masih bisa memberi kenapa kita harus meminta hihi

Komentar mas ananda juga benar hihi
Karena pasti akan di balas dengan yang lebih nya. hehe

Bahagia melihat orang lain bahagia, kan enak tuh bang. =D

Jangan protes di sini mas, nanti repot banyak yg demo di sini. Ahaha

Jangan sampai mbak nia, ga cool kali itu. Hehe

Emang mbak, manfaat yang paling di rasa itu tambah rezeki. Apalagi rezeki dapat pasangan, pengen kali lah aku. Ahaha

yang jelas kit bertujuan mendekatkan diri kepada Allah, dan jika kita dermawan, inysa allah rejeki tak akan kemana

Bingung ya mas komennya, nggak usah komen mungkin punya pertanyaan dibenak agan,

aamiin, semoga aja mbak. toh emang ga bakalan lari rezeki nya, malahan berlipat.

Thanks ya kak udah menulis soal ini, buat pengingat nih :)

Cheers,
Dee - heydeerahma.com

Yang pasti mengalirkan rezeki juga

Sama-sama mbak rahma, toh emang saling memberi itu ga rugi dan buat kita jadi miskin kok. Hehe

Yap, bener banget mas. Apa yang kita beri inyaallah pasti di balas berlipat ganda rezeki nya (y)


EmoticonEmoticon